Pages

Sabtu, 06 Februari 2016

Tutorial Membuat Gambar Kartun dengan Cara Line Tracking

Line Tracking merupakan cara menggambar dengan cara mengikuti garis hayal/garis imajiner. Sama halnya ketika kita membuat gambar secara konvensional kita membuat garis mengikuti bentuk gambar tersebut. Untuk software yang akan kita gunakan adalah CorelDraw, di sini saya memakai CD X5 dan tool-tool yang akan kita gunakan adalah sebagai berikut :
  1. pen tool, tool dipakai untuk membuat garis seperti tool freehand dan bezier.
  2.  shape tool, nantinya kita akan menata garis-garis yang telah dibuat menggunakan pen tool menggunakan shape tool.
  3. Jika ingin melakukan zoom in sekali saja tekan F2 sedangkan jika ingin zoom out sekali saja tekan F3.
Langkah-langkah :

Pertama buka CorelDraw versi berapapun yang kamu gunakan, dan atur konfigurasi awal sesuai keinginan. Di sini saya menggunakan konfigurasi seperti gambar berikut :


Setelah itu masukkan gambar yang akan dijadikan kartun, saya akan menggukan foto teman saya. Kemudian saya lock foto tadi agar ketika dalam proses tracking nanti tidak geser dengan cara klik kanan dan pilih Lock Object.

Di sini kita akan mulai melakuakan proses line tracking. Biasanya saya memulai dari wajah dengan mengambar tepi luar dari daerah wajah.


Selanjutnya pada bagian mata saya


dilanjutkan pada daerah alis


sementara kita telah membuat bagian wajah, mata, dan alis.


Berikutnya kita akan membuat bagian bagian kecil. Buat garis seperti gambar berikut, setelah itu pilih shape tool dan blok semua node, 


kemudian klik kanan dan pilih “to Curve”


dan atur hingga garis yang kita buat sesuai dengan garis imajiner kita.


Untuk bagian-bagian lain caranya sama saja dengan sebelumnya. Setelah selesai semua maka tinggal memberikan warna. Berikan warna sesuai dengan warna foto atau kalian bisa berimajinasi sendiri. Dan jika sudah selesai hasinya seperti ini.


Sekarang kita bisa melihat perbadingan kemiripannya seperti berikut


Demikianlah tutorial dari saya, nantikan tutorial lainnya dari saya

1 komentar: