Apa itu teknik tracing? Silahkan dibaca sekilas mengenai teknik tracing.
Menggambar Clean UP dan Sisip
Menggambar Clean Up adalah membersihkan gambar dengan cara menjiplak pada animasi. sedangkan menggambar sisip adalah menyisipkan gambar, warna atau teks pada animasi. Pada proses ini lebih mudah dilakukan menggunakan komputer. Software yang dapat digunakan pada tahap ini adalah seperti yang telah disebutkan di atas.
Cara Menggambar Clean Up dan Sisip pada dasarnya adalah teknik menggambar yang biasa digunakan dalam pembuatan bahan animasi 2 dimensi (bidang datar) mulai dari pembuatan sketsa obyek gambar yang masih berupa goresangoresan kasar hingga terbentuknya garis tegas layout maupun garis-dalam pada obyek sampai penyisipan gambar, warna atau teks sehingga menghasilkan gambar yang indah seperti aslinya.
Tracing
Dalam cara menggambar clean up dan sisip pada proses pembuatan animasi 2 dimensi terkadang dan bisa juga sering dilakukan Tracing. Berawal dari kata trace, yang bermaksud menelusuri atau penelusuran. Dalam grafis, tracing bermakna menggambar ulang dengan memakai acuan/patrun. Bila disederhanakan bisa berarti menjiplak gambar, adapula yang mendefinisikan tracing sebagai proses perubahan format gambar dari bitmap menjadi vector biasa.
Teknik Tracing ada 2 :
Manual Tracing. Yaitu meletakkan gambar asli dibawah kertas kalkir, lembaran acetate, mika susu/kodaktris, boleh kertas doorslag, atau kertas roti. Lalu dilakukan proses menggambar dilakukan di atasnya menggunakan pensil atau tinta.
Digital Tracing. Tracing digital saat ini banyak dikerjakan dengan bantuan komputer. Gambar asli di-scan, lalu dijiplak lewat bantuan piranti lunak semacam Adobe Illustrator, Adobe Freehand, Adobe Photoshop, Coreldraw atau Corel Painter.
(Sumber : http://oprekzone.com/cara-menggambar-clean-up-dan-sisip-2/)
Dalam pembelajaran awal CorelDraw kita bisa memulai dengan teknik ini agar memudahkan kita dalam memahami setiap tool yang ada di CorelDraw. Lansung saja ke TKP.
1. Siapkan gambar yang akan kita gunakan atau yang akan kita trac. Saya menggunakan salah satu karakter di anime Naruto, gunakan gambar yang tidak terlalu rumit sebagai latihan awal.
2. Kunci objek gambar untuk memudahkan kita dalam melakukan trac. Klik kanan pada objek gambar dan pilih menu “Lock Object”.
3. Selanjutnya pilih “Pen Tool” pada tool box area. Dengan mengklik pada segitita hitam di ikon “Freehand”.
4. Lakukan tracing pada wajah dengan mengikuti garis hitam pada wajah objek dangan menggunakan pen tool.
5. Kemudian pilih “shape Tool” pada tool box atau tekan “F10”. Dan seleksi semua node pada garis yang sudah kita buat tadi, selanjutnya klik kanan di area garis yang kita buat dan pilih “To Curve” untuk merubah garis sehingga bisa kita lengkungkan.
6. Lengkungkan garis yang t’lah kita buat mengikuti garis pada objek gambar.
Garis merah adalah garis yang t’lah kita buat tadi. Kita akan melakukan cara yang sama pada tiap bagian pada objek.
7. Selajutnya kita akan membuat bagian mata. Gunakan pen tool dan tarik garis sesuai dengan titik lengkung seperti diawal tadi.
8. Untuk membuat lingkaran mata kita bisa gunakan “Ellipse Tool” pada tool boa atau tekan “F7” dan buat sesuai pola berikut ini.
9. Gunakan “Simplify” untuk memotong lingkaran.
10. Sekarang kita akan membuat rambut gunakan cara seperti membuat bagian wajah.
Selesaikan hingga seperti gambar ini.
11. Selanjutnya kita akan menyelesaikan bagian mata. Pertama kita akan memberikan warna pada bagian mata, gunakan “Color Eyedropper Tool” untuk memilih warna berdasarkan warna dari gambar asli.
12. Kemudian seleksi lingkaran mata dan bayangan belakang, lalu klik kanan pada pallet warna bagian paling atas untuk menghilangkan border/ garis tepi. Selanjutnya pilih menu “Effects => PowerClip Place = > Inside Contisner...” selanjutnya klik pada area sesuai gambar ini.
13. Sekarang beri warna tiap bagian dan hilangkan bordernya dengan cara yang sama.
14. Selanjutnya gandakan seluruh bagian mata dengan cara copy-paste biasa atau duplikate dengan cara tekan “Ctrl + D”. Sekarang tika punya dua mata di bagian yang sama, untuk membalik kita lakukan mirror pada mata dengan cara klik “Mirror Horizontally”. Dan posisikan mata yang baru kita mirror tadi di bagian mata yang satunya.
15. Sekarang kita sudah memiliki Tsunade 80% jadi. Tinggal menyelesaikan bagian rambut dan badan.
16. Selanjutnya buat bagian badan dan sesuai dengan cara yang tadi, menggunakan pen tool dan shape tool. Karena kita membuat bagian ini di akhir maka bagian badan akan berada didepam bagian lain, untuk memindahkannya ke belakang tekan “Ctrl + PgDn”.
17. Sekarang kita sidah mempunyai Tsunade versi vector karya kita sendiri
Glossarium :
: shape Tool
: Ellipse Tool
: Simplify
: Color Eyedropper Tool
: pallet warna bagian paling atas
: Mirror Horizontally
Situs Slot Online Terpercaya
BalasHapusCara Bermain SLot